Jumat, 15 Februari 2013

Fanfiction is Fun!

Hai smashblast!

Kalian pasti sering kan membaca sebuah fan fiction? Atau mungkin pernah mencoba membuat fan fiction versi kalian? hem.. buat kalian yang termasuk dalam kedua itu, memang udah tau apa itu fan fiction?

Fan fiction atau biasa disebut fanfic ini adalah cerita yang dibuat oleh penggemar yang ceitanya bisa diambil dari kisah nyata. Baik itu tokohnya maupun cerita. Contohnya aja, smashblast membuat fanfic yang pasti tokoh utamanya SMASH, ataupun fandom lain yang membuat fanfic dengan tokoh utama idolanya.

Membaca atau membuat fanfic itu menyenangkan loh,blast! Apalagi kalau kita sudah benar-benar bisa merasakan cerita yang kita baca/buat itu.

Kalian boleh kok menulis fanfic versi kalian sendiri. Hal yang diperluin dalam menulis fanfic yang terpenting adalah kreatif. Dalam menulis fanfic, jangan ada jiplak menjiplak karya orang. Karena karya sendiri itu jauh lebih baik daripada harus meniru karya orang lain. Lalu, senangi atau hayati dahulu cerita tersebut. kalau kalian bisa merasakan suasana yang ada di fanfic itu, dijamin fanfic kalian akan banyak pembaca nya bila di publikasikan.



oh iya, panjangnya fanfic juga membedakan golongan loh, ini daftarnya:
  • Drabble
Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat berjumlah 100-200 kata, yang penting drabble itu sangat pendek.
  • Ficlet
Lebih panjang dari drabble, tapi masih sangat pendek. Lebih pendek dari oneshot yang bisa mencapai 2,000-3,000 kata.
  • Oneshot
Dalam dunia penulisan biasa, dikenal sebagai cerpen. Jumlah kata bisa beribu-ribu, asal langsung tamat.
  • Double shot / Two shots
Cerita yang terdiri atas dua bagian.
  • Short story
Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter/section/part lebih sedikit dari “Chaptered Fic”. Short story biasanya terdiri dari 4-5 shots saja.
  • Songfic
Cerita yang dituliskan dari lagu. Jadi setiap 1-2 kalimat dari lirik lagu, dibuat adegan cerita.
  • Chaptered / Series Fic
Seperti novel. Memiliki banyak sekali chapter, konflik boleh lebih dari satu.
  • Universe
Ruang, tokoh, dan inti cerita sama, tapi tiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Bisa membaca salah satu saja tanpa membaca cerita yang lain. Bisa dibaca satu aja sebagai oneshot. Kalau contoh dalam komik, misalnya Kobo-chan (LOL XD, contoh yang aneh). Tokoh dan konteksnya sama walaupun banyak bagian dalam komik itu, tetapi kita bisa tetap mengerti walau hanya membaca satu bagian saja karena ceritanya tidak bersambung.
  • Crossover
Fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Star Wars. Tidak hanya karakter, elemen cerita juga dapat digabungkan (dua dunia digabung), seperti Harry Potter dengan Lord of the Rings.

segitu dulu ya info tentang fanficnya. Semoga dari post ini, kalian udah bisa bedain jenis-jenis fanfic yang ada.
Bye, thanks for reading!

-dari berbagai sumber-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar